Wednesday, October 3, 2012

Desember 2012, MCM Selenggarakan Soft Opening

AMBON – BERITA MALUKU. Okupansi atau permintaan lokasi usaha Maluku City Mall (MCM) oleh sejumlah waralaba kini telah mencapai 80 persen. Sejumlah Waralaba tersebut antara lain Jacko, Solaria, Bakso Lapangan Tembak, Bakso Monas, Robinson, Johny Andrean Salon, Yopi Salon, Inul Vista, Naughty, Planet Sport, dan Timezone. 

Owner Maluku City Mall, Wilhelmus Daniel Kurnala kepada Beritamaluku.com di ruang kerjanya, Kamis (16/8), menjelaskan bahwa pihak Hypermart telah menyanggupi untuk membenahi lokasi tempat usaha yang sementara dibangun di kawasan Tantui Ambon,  dan hingga kini tahapan penyelesaian pembangunan MCM sudah mencapai 48 persen.

Meski MCM masih dalam tahap pemancangan tiang-tiang namun Kurnala memastikan pada Desember 2012 ini pihaknya sudah bisa menyelenggarakan Soft Opening, sementara untuk Grand Opening sendiri rencananya akan berlangsung Maret 2013.

MCM dibangun diatas lahan seluas 2,2 hektar dengan ketinggian 2 lantai. Pembangunan MCM ini menelan anggaran sebesar Rp 170 milyar dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 1.300 orang. 

MCM terdiri dari convention hall skala nasional yang akan menjadi representative bagi warga kota Ambon. Selain itu akan dibangun hotel, mengingat potensi dan peluang pariwisata di kawasan ini sangat baik, apalagi kawasan itu hanya berjarak beberapa meter dari Jembatan Merah Putih yang akan menghubungkan kawasan Tantui dan Poka. 

Diharapkan dengan potensii seperti itu akan memberikan kontribusi bagi pendapatan PAD melalui retribusi parkir, reklame dan pajak.

Terkait ijin membangun, Kurnala mengatakan telah memiliki amdal sebagai syarat untuk mendapatkan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), dan pemerintah kota Ambon juga telah memberikan peluang baginya selaku putra daerah untuk berinvestasi di daerah ini. 

“Kami telah memiliki IMB sejak Pak Wakil Walikota masih mejabat Kepala Dinas Tata Kota Ambon,” ungkap Kurnala.

Kurnala berharap dengan kehadiran MCM akan menjadikan kota Ambon sebagai ikon pariwisata agar dapat sejajar dengan daerah lain di Indonesia. Selain itu kehadiran MCM kiranya dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat di daerah ini dengan menyediakan fasilitas perbelanjaan yang lengkap sehingga orang tidak perlu lagi berbelanja ke daerah lain. (BM15)

No comments:

Post a Comment